Metode Alami
(Natural Method)
Metode alami (Natural Method) disebut demikian
karena dalam proses belajar, siswa dibawa ke alam seperti halnya pelajaran
bahasa ibu sendiri
Dalam pelaksanaannya metode ini tidak jauh berbeda
dengan metode langsung (direct) dimana guru menyajikan materi pelajaran
langsung dalam bahasa asing tanpa diterjemahkan sedikitpun, kecuali dalam
hal-hal tertentu di mana kamus dan bahasa anak didik dapat digunakan.
Ciri Metode Natural ini antara lain :Urutan
pelajaran mula-mula diberikan melalui menyimak/mendengarkan (listening) baru
kemudian percakapan (speaking), membaca (reading) menulis atau (writing)
terahir baru gramatika Pelajaran disajikan mula-mula memperkenalkan kata-kata
yang sederhana yang telah diketahui oleh anak didik, kemudian memperkenalkan
benda-benda mulai dari benda-benda yang ada di dalam kelas, dirumah dan luar
kelas, bahkan mengenal luar negeri atau negara-negara asing terutama Timur
Tengah.Alat peraga dan kamus yang dapat digunakan sewaktu-waktu sangat
diperlukan, misalnya untuk menjelaskan dan mengartikan kata-kata sulit dalam
bahasa asing, dan memperbanyak perbendaharaan kata-kata atau memperkaya
Vocabulary sebagai syarat utama menguasai bahasa asing Oleh karena kemampuan
dan kelancaran membaca dan bercakap-cakap sangat diutamakan dalam metode ini
maka pelajaran gramatikal (tata bahasa) kurang diperhatikan
Kebaikan Metode Natural
Kebaikan metode ini antara lain :Pada tingkat
lanjutan metode ini sangat efektif, karena setiap individu siswa dibawa ke
dalam suasana lingkungan sesungguhnya untuk aktif mendnegarkan dan menggunakan
percakapan dalam bahasa asingPengajaran membaca dan bercakap-cakap dalam bahasa
asing sangat diutamakan, sedangkan pelajaran gramatika diajarkan sewaktu-waktu
sajaPengajaran menjadi bermakna dan mudah diserap oleh siswa, karena setiap
kata dan kalimat yang diajarkan memiliki konteks (hubungan) dengan dunia
(kehidupan sehari-hari) siswa/anak didik
Segi kekurangan metode ini antara lain :Siswa
merasa kesulitan belajar apabila belum memiliki bekal dasar bahasa asing
terutama pada pada tingkat-tingkat pemula, sehingga penggunaan/ pemakaian
bahasa asli siswa tidak dapat dihindari. Dengan demikian tujuan semua dari
metode ini untuk membaca dan bercakap-cakap selalu dalam bahasa asing sulit
diterapkan secara murni, tapi harus diterapkan secara konsekuen
Pada umumnya anak didik dan guru bersikap
tradisional mengutamakan gramatika lebih dahulu daripada membaca dan percakapan
sesuatu hal yang salah secara alamiah yang amat perlu diubah
Pada umumnya pengajaran bahasa asing di
sekolah-sekolah kita sangat terasa kekurangan macam-macam media/alat peraga
yang diperlukan; yang seyogyanya para guru harus aktif membuatnya.
Guru yang kurang memiliki kemampuan dan pengalaman
praktis dalam berbahasa asing merupakan faktor sulitnya diterapkan dan berhasil
secara baik metode tersebut. Guru haruslah seorang yang aktif berbicara di dalam
bahasa asing tersebut, barulah murid-muridnya akan mampu pula aktif di dalam
belajar (praktek) bahasa.
0 Komentar untuk "Natural Method atau Metode Alami"
Silahkan Berkomentar yang santun dan bermanfaat