Metode
Phonetic (Mendengar dan Mengucapkan)
Metode ini mengutamakan ear training dan speak
training yaitu cara menyajikan pelajaran bahasa asing melalui latihan-latihan
mendengarkan kemudian diikuti dengan latihan-latihan mengucapkan kata-kata dan
kalimat dalam bahasa asing yang sedang dipelajari.
Metode Phonetic ini dapat dikatakan gabungan dari
dua metode Natural dan Reading diatas. Dimana mula-mula menurut metode ini
pelajaran dimulai dengan latihan-latihan mendengar kemudian diikuti dengan
latihan-latihan mengucapkan kata-kata atau kalimat-kalimat dalam bahasa asing.
Kemudian disusul latihan-latihan membaca (reading and conversation).
Langkah-langkah pelaksanaan metode ini yang dapat
dilakukan :Guru membacakan bacaan-bacaan bahasa asing di depan kelas, atau
membuka/menghidupkan acara bacaan berupa radio kaset/video, siswa mendengarkan
dan memperhatikan baik-baik acara bacaan ini dengan cermat, serius (tidak ada
yang main-main saat pembacaan itu), siswa harus memperhatikan betul langgam dan
intonasi, serta gerak-gerik bentuk mimik tertentu dalam bacaan
Seri-seri dalam bacaan itu hendaknya disusun
sedemikian rupa sehingga menjadi bahan bacaan yang sempurna/berkelanjutanGuru
dapat menghentikan seri-seri tertentu jika seri pelajaran tersebut sudah
dianggap selesai dan dikuasai oleh anak didik, kemudian dapat dilanjutkan pada
session/seri berikutnya Setelah pelajaran membaca selesai, maka latihan
percakapan dapat dilakukan. Misalnya percakapan-percakapan yang sifatnya
mula-mula sederhana, setelah itu menuju pada percakapan yang kompleks/lebih
sulitUntuk memperjelas ucapan dan percakapan, maka metode ini dianjurkan untuk
menggunakan alat peraga/media pengajaran
Pada setiap akhir materi pelajaran, guru hendaknya
memberikan latihan-latihan praktis membaca dan larihan bercakap-cakap pada
masing-masing anak didik, dan jangan lupa guru dapat memberikn berbagai
catatan-catatan khusus, kesimpulan-kesimpulan dan juga nasihat-nasihat berupa
dorongan (memberi motivasi bagi anak didik) supaya belajar sungguh-sungguh,
rajin dan rutin tiap hari latihan (PR)
Kebaikan-kebaikan Metode PhoneticMetode ini
mengajarkan kemampuan membaca anak didik dengan lancar dan fasih sekaligus
kemampuan percakapan, banyak latihan-latihan dialog dan menulis (dikte) Siswa
menyimak kesalahan bacaan dan percakapan dari guru atau teman sekelasnya, untuk
kemudian diubah dan diperbaiki letak-letak kesalahannya
ituKekurangan-kekurangan Metode Phonetic
Metode ini memerlukan kesungguhan dan keahlian
(profesional) dari pihak guru. Disamping perencanaan dan waktu harus matang
Pada tingkat-tingkat pemula (pertama) metode ini masih sulit diterapkan, terutama bagi anak-anak yang belum memiliki bekal (basic) bahasa asing yang cukup memadai, sebab itu perlu memotivasi murid dan mengajar secara komunikatif
Pada tingkat-tingkat pemula (pertama) metode ini masih sulit diterapkan, terutama bagi anak-anak yang belum memiliki bekal (basic) bahasa asing yang cukup memadai, sebab itu perlu memotivasi murid dan mengajar secara komunikatif
Kalau seri-seri pelajaran tidak disusun dan
direncanakan sedemikian rupa, maka pelajaran dan penguasaan materi bagi siswa
menjadi mengambang; misalnya materi pelajaran membaca diberikan sedikit, juga
percakapan pun serba tanggung. Oleh sebab itu pengaturan waktu dan materi
hendaknya diatur sedemikian rupa, sehingga keduanya dikuasai
0 Komentar untuk "Metode Phonetic atau Mendengar dan Mengucapkan"
Silahkan Berkomentar yang santun dan bermanfaat